Tips Memilih Perusahaan Penyedia Supply Chain Financing, Aman dan Gampang!

Tips Memilih Perusahaan Penyedia Supply Chain Financing, Aman dan Gampang!

Keberadaan berbagai jasa keuangan yang menawarkan produk supply chain financing (SCF) memang memudahkan banyak pelaku usaha. Khususnya yang memang masih sedang merintis, atau usaha-usaha dengan skala kecil. Meski begitu, harus teliti dan selektif dalam memilih lembaga keuangan.

Selektif memilih perusahaan atau lembaga keuangan penyedia produk SCF ini akan memudahkan bisnis ke depannya. Jangan sampai mudah tergoda dengan promo-promo yang tidak masuk akal. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih lembaga keuangan yang menawarkan SCF.

Tips Memilih Perusahaan Penyedia Supply Chain Financing, Aman dan Gampang!

Sudah Terdaftar di OJK

Hal pertama yang perlu untuk Anda pastikan adalah perusahaan atau lembaga keuangan yang dipilih sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Mereka yang sudah terdaftar di OJK telah memenuhi berbagai syarat dan standar yang ditetapkan. Selain itu, pengelolaannya diawasi, jadi jika terjadi praktik menyimpang bisa ditelusuri dengan gampang.

Perusahaan atau lembaga keuangan yang sudah terdaftar di OJK juga memiliki legalitas yang berbadan hukum. Jadi jika pelanggan mengalami kerugian bisa dimejahijaukan atau disidangkan jika kerugian yang ditimbulkan cukup besar. Perusahan keuangan terkait juga bisa dicabut izinnya.

Memiliki Sertifikasi Keamanan Digital

Transaksi digital yang besar dan berkala memang membutuhkan jaminan keamanan yang baik. Maka dari itu, pastikan untuk memilih perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi keamanan digital. Misalnya saja sertifikasi dari ISO 27001:2013. Ini merupakan standar keamanan yang diterbitkan oleh ISO atau International Organization of Standardization.

Perusahaan yang memiliki sertifikasi keamanan ISO 27001:2013 akan mencegah kebocoran data, baik itu konsumen atau internalnya. Selain itu, bisa meminimalisir adanya cyber attack yang banyak terjadi di berbagai lini usaha digital. Ditambah lagi, peraturan dari perusahaan lebih jelas dengan standar yang telah ditetapkan.

Proses Registrasi atau Administrasi Mudah

Pilih juga perusahaan penyedia produk SCF yang menawarkan proses registrasi yang muda dan tidak bertele-tele. Jika proses pendaftarannya sudah mudah, ke depannya bisa semakin efektif dan efisien. Baik itu proses kredit scoring sampai dengan pencairan dana. Jangan ragu untuk bertanya kepada perusahaan terkait.

Suku Bunga yang Kompetitif

Jangan mudah tergoda dengan perusahaan yang memberikan suku bunga yang rendah. Apalagi perusahaan tersebut masih sangat baru, perlu lebih detail lagi melakukan seleksinya. Ada baiknya untuk lebih aman, pilih saja perusahaan keuangan yang menawarkan suku bunga yang kompetitif.

Suku bunga di berbagai perusahaan keuangan berbeda, namun pastikan tidak terlalu jauh yang ditetapkan oleh badan terkait. Apalagi memilih yang menetapkan bunga terlalu besar dan menjerat. Supaya lebih bijak lagi dalam menentukan, bisa juga meminta saran dari konsultan keuangan.

Membaca dengan Teliti Syarat dan Ketentuan

Supaya tidak ada jebakan, baca semua syarat dan ketentuan yang diberikan saat awal mendaftar. Telitilah semuanya, baik itu berbagai persyaratan yang diminta, penalty, atau aturan yang lainnya.

Seringkali syarat dan ketentuan ini terdiri dari beberapa lembar, jadi ada baiknya untuk meminta waktu supaya bisa mencerna semuanya dengan lebih baik. Tanyakan jika ada hal-hal yang dirasa kurang jelas informasinya. Karena itulah, jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, petimbangkan matang-matang.

Memiliki Sistem yang Transparan

Carilah juga perusahaan yang memiliki sistem transparan. Terutama dalam masalah bunga, denda, jatuh tempo pembayaran dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda sebagai pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan nyaman karena semuanya transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Jika memiliki website atau aplikasi, pastikan keduanya berisi informasi terpercaya. Aplikasinya mudah digunakan dan memiliki berbagai fitur yang menunjang kemudahan dalam bertransaksi. Misalnya saja dalam mengecek status pinjaman terkini. Berapakah jumlah tunggakan yang tersisa atau lain sebagainya.

Pastikan Customer Service Mudah Dihubungi

Satu lagi, supaya Anda tidak repot untuk datang ke perusahaan keuangan secara langsung, ada baiknya untuk memastikan customer service (CS) bisa dihubungi dengan mudah. Jika ada, pilihlah CS yang tersedia selama 24 jam penuh. Pasalnya, sial tidak terduga bisa saja datang, jika CS responsif, masalah bisa ditangani dengan lebih cepat.

Tidak hanya mudah dihubungi, pilihlah lembahan keuangan dengan CS yang bisa dijangkau di berbagai platform. Mulai dari sosial media, chat box, e-mail, WhatsApp, telepon, dan lain sebagainya. Jadi jika salah satunya belum bisa dijangkau, bisa menghubungi lainnya yang lebih responsif.

Jika sekarang sedang mempertimbangkan memilih perusahaan penyedia produk supply chain financing, Modal Rakyat (bagian dari Fazz) merupakan salah satu rekomendasinya. Sudah terdaftar di OJK, memiliki sertifikasi ISO 27001:2013, sampai CS mudah dijangkau. Modal Rakyat akan membiayai invoice mulai dari modal hingga bahan baku dari franchisor.

Bagi pebisnis, SCF dari Modal Rakyat akan menguntungkan karena dapat membuka banyak cabang dengan cepat. Begitu pula bagi franchisee, ini akan sangat menguntungkan karena membuka cabang brand terkenal tidak lagi terkendala oleh biaya. Manfaatkan layanan permodalan dari Fazz dan daftarkan diri menjadi franchisee atau franchisor di halaman ini.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *