Rekomendasi Film Sejarah Kemerdekaan, Cocok Jadi Inspirasi Role Model Generasi Z

Menonton film-film bertema kemerdekaan menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Biasanya, film ini erat kaitanya dengan sejarah dan perjuangan para pejuang negara dalam melawan para penjajah.

Selain belajar sejarah, Anda juga bisa memetik pelajaran lain ketika menonton film-film ini, misalnya dengan meneladani perjuangan pahlawan muda yang saat berjuang melawan penjajah mungkin usianya sama dengan kalian saat ini.

Punya panutan atau role model pahlawan juga bisa memberi banyak inspirasi untuk keseharian.

Bicara role model, Generasi Z ternyata punya ikatan erat terhadap sosok tokoh atau figur yang dipandang punya nilai dan pandangan hidup yang sama.

Penelitian dari UMN Consulting menyebutkan, Gen Z menjadikan role model sebagai perpanjangan diri mereka.

Untuk itu, memilih role model harus cermat, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif dan kurang produktif.

Berikut tiga rekomendasi film sejarah kemerdekaan yang menghadirkan kisah para pahlawan.

1.

KADET 1947 (2021) Film besutan Temata Studios dan didukung oleh Legacy Pictures ini mengisahkan perjuangan empat orang Kadet (pelajar Angkatan Udara) yang mengajukan diri untuk membalas serangan ke markas musuh pasca pengeboman hanggar mereka oleh tentara Belanda.

Bayangkan, di usia muda, masih belajar merakit pesawat umpan, namun punya semangat tinggi untuk secara sukarela maju di garda terdepan melawan penjajah.

Film yang dibintangi Kevin Julio, Wafda, Bisma Karisma, Omara Esteghlal, Marthino Lio, Fajar Nugra, dan Chicco Kurniawan ini pas banget untuk ditonton bareng teman dan keluarga.

Buat yang belum nonton, film KADET 1947 sudah tersedia di Netflix.

2.

Bumi Manusia (2019) Film drama biografi sejarah Indonesia yang disutradarai Hanung Bramantyo juga terinspirasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Film ini dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti.

Film ini menceritakan kegamangan Minke (Iqbaal Ramadhan antara kemajuan negara Eropa, hubungannya dengan Annelies (Mawar Eva), juga bagaimana kegigihan Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti) memperjuangkan keadilan.

3.

Kartini (2017) Berjuang tanpa angkat senjata.

Film ini cocok untuk generasi muda yang ingin memahami makna berjuang yang lebih luas.

Seperti yang dilakukan Raden Adjeng Kartini.

Pahlawan Gen Z di masanya, yang gigih memperjuangkan kesetaraan agar perempuan bisa mendapat pendidikan setara dengan laki-laki.

Dibintangi para aktor kawakan seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Reza Rahadian, juga Christine Hakim, film ini akan memperkuat semangat dan daya juang kamu untuk menggapai mimpi.

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.

Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *